Pandangan dari seller dan consumer
Seller : harga merupakan penghasilan laba dari produk atau benda yang dapat mengembalikan biaya produksi, sehingga seller dapat produk membuat
Consumer : harga merupakan suatu hal yang harus mereka bayar untuk mendapatkan produk. Sehingga, ketika consumer memutuskan membeli suatu produk dengan harapan produk bernilai uang yang telah mereka bayar
PRICING OBJECTIVE
- Profit : bertujuan untuk menghasilkan sebanyak mungkin laba yang di dapat dan memaksimalkan harga untuk keuntungan jangka panjang.
- Sales : bertujuan untuk meningkatkan pangsa pasar yang diukur dari penjualan perusahaan di seluruh periode waktu.
DETERMINANTS of PRICE
- Demand : Suatu permintaan menyesuaikan harga. Jika permintaan tinggi maka harga dapat dinaikkan dan sebaliknya jika permintaan rendah maka harga dapat diturunkan.
- Supply : Faktor yang mempengaruhi penawaran terdiri dari harga barang itu sendiri, harga barang lain, ongkos dan biaya produksi, tujuan produksi dari perusahaan, serta teknologi yang digunakan. Jika penawaran tinggi maka harga akan naik tetapi semakin penawaran rendah maka harga akan ikut turun.
- Competition : Menentukan suatu harga, dapat dilihat dari harga yang dikeluarkan oleh kompetitor agar tercipta persaingan harga yang kompetitif.
GENERAL PRICING APPROACHES
- Cost - based pricing : harga yang disesuaikan dengan HPP bertujuan untukmenutupi modal ataupun biaya produksi
- Break even analysis & target profit pricing : untuk mentargetkan suatu perusahaan balik modal atau target nominal profit tertentu, yang disesuaikan dengan harga produk dijual. Sehingga dapat berhitung berapa banyak produk yang dijual untuk mencapai target tertentu. breal even point didapat dari total biaya dan total pendapatan garis dalam garis vertikal & horizontal bagan break even.
- Value - based pricing : Harga dapat ditentukan oleh pandangan orang, jika orang merasa harga mahal tetapi berkualitas tinggi atau sudah terkenal maka orang akan membeli tanpa melihat harga. Walaupun harga produksi barang jaul lebih murah dibanding harga jual.
- Competition based pricing : harga berdasarkan dari pesaing agar dapat berkompetisi di dalam pasar serta mengabaikan Cost & Demand
PRICING STRATEGY
- New Product
- Prestige Pricing : Strategi dimana perusahaan lebih tinggi demi membentuk image produk yang tinggi, umunya dipakai untuk produk shopping & speciality
- Market - Skimming : Kebijakan penetapan harga dimana sebuah perusahaan mengenakan suatu harga pengenalan yang tinggi, sering kali disertai dengan promosi besar - besaran. Strategi ini digunakan untuk produk baru yang mempunyai keunggulan tersendiri.
- Market - Penetration : Kebijakan penetapan harga dimana sebuah perusahaan membebankan harga yang relatif rendah atas suatu produk pada awalnya untuk mencapai pasar masal atau pangsa yang luas di pasar besar.
- Existing Product
- Product - Bundle Pricing : Menggabungkan beberapa produk menjadi 1 paket dan memberikan harga yang cukup murah / diskon dari gabungan produk tersebut
- Price Adjustment Strategies : Harga yang diterapkan dapat berganti sewaktu - waktu
- Psychological
- Prestige Pricing : Menyusun harga yang tinggi untuk membentuk produk yang tinggi
- Reference Prices : Biaya yang diharapkan konsumen untuk membayar atau mempertimbangkan masuk akal untuk membayar barang atau jasa
- Round Figures : Menetapkan harga yang dekat dengan pembulatan harga
- Ignoring end Figures : Mengabaikan harga atau angka dibelakang
- Promotional
Memakai harga yang sementara
No comments:
Post a Comment